9 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibeli Jika Berkunjung Ke Ibu Kota Jatim

Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya menawarkan wisata sejarah yang lengkap. Tidak heran jika banyak wisatawan menjadikan Surabaya sebagai destinasi wisata mereka. Setelah berwisata di Surabaya, kamu juga wajib menengok beberapa oleh-oleh khas Surabaya. Berikut rekomendasi oleh oleh khas Surabaya:

1. Lapis Kukus Pahlawan

Lapis Kukus Pahlawan adalah kue lapis khas Surabaya yang terbuat dari tepung singkong dan tepung terigu, sehingga menciptakan citarasa yang khas. Tekstur kue yang lembut dengan proses pembuatan secara dikukus menjadikan nya berbeda dengan kue lapis pada umumnya, dan menjadikan Lapis Kukus Pahlawan sebagai lapis kukus yang pertama di kota Surabaya.

Rasanya yang enak dan sangat disukai membawa Lapis Kukus Pahlawan mendapatkan predikat The Best Oleh Oleh Surabaya di ajang Jawapos Culinary Awards tahun 2017 & 2018. Lapis Kukus Pahlawan tersedia dalam 7 varian rasa yaitu Original, Choco Pandan , Terang Bulan , Strawberry, Pisang, Brownies dan Black Forest.

Selain varian Lapis, Lapis Kukus Pahlawan juga memiliki varian produk lainnya yaitu Almond tart. Tidak seperti lapis kukus yang lembut dari segala lapisan, Almond Tart memberikan kejutan paduan rasa dengan cara yang berbeda. Renyahnya pinggiran Almond Tart berpadu dengan kelembutan pada bagian tengah yang kaya rasa, ditambah taburan remahan kacang almond di atasnya.

Untuk membeli Lapis Kukus Pahlawan selain datang langsung ke toko dan mitra resminya dapat juga membeli secara online melalui Tokopedia, Shopee ataupun WhatsApp.

2. Batik khas Surabaya

Batik khas Surabaya memiliki motif yang lebih universal. Coraknya dapat terdiri atas perpaduan antara budaya tradisional dan modern. Selain itu, warna batik Surabaya juga cenderung cerah.

Kamu dapat membeli batik khas Surabaya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat. Batik ini dapat dibuat menjadi berbagai macam busana seperti baju, kemeja, dan blouse. Batik dapat menjadi pilihan buah tangan yang menarik.

3. Miniatur Rumah Adat Jawa Timur bisa jadi hiasan interior

Untuk menambah kenangan akan Kota Pahlawan, kamu dapat mempertimbangkan miniatur rumah adat untuk oleh-oleh kamu. Seperti halnya provinsi lain, Jawa Timur pun mempunyai rumah adat tersendiri. Rumah adat Jawa Timur salah satunya adalah Joglo Situbondo. Kamu bisa memiliki rumah adat tersebut dalam bentuk miniatur.

Dengan miniatur rumah adat tersebut, kenangan kamu akan Surabaya akan terus hidup. Selain itu, benda miniatur tersebut akan semakin menambah kecintaan kamu akan budaya nusantara. Harga miniatur rumah adat cenderung variatif. Kamu bisa menyesuaikan dengan isi dompet kamu.

4. Ukiran tugu pahlawan dari berbagai material

Tugu Pahlawan menjadi salah satu ikon dari Kota Surabaya. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa untuk membeli ukiran tugu pahlawan sebagai oleh-oleh.

Ukiran tugu Pahlawan biasanya dibuat menggunakan kayu yang ringan dan akrilik. Dengan demikian, kamu bisa membawa oleh oleh khas Surabaya ini tanpa khawatir akan menambah beban bawaan kamu.

5. Miniatur patung buaya yang sudah jadi ikon kota

Landmark Kota Surabaya paling legendaris tentunya adalah Patung Buaya Putih. Di Kota Surabaya, souvenir berupa miniatur patung legendaris ini tentu dapat kamu temukan di banyak tempat. Banyak pengrajin Surabaya yang membuat miniatur Patung Buaya Putih ini. Bahan untuk membuatnya pun bermacam-macam seperti perak, kayu, hingga logam.

Harga miniatur Patung Buaya juga variatif. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Surabaya sebagai kenang-kenangan bahwa kamu pernah berkunjung ke Kota Pahlawan.

6. Berbagai produk kerajinan anyaman bambu

Anyaman bambu memiliki nilai seni tinggi ketika dibentuk menjadi kerajinan. Kerajinan anyaman bambu ini juga dapat dijadikan oleh-oleh jika kamu berkunjung ke Surabaya.

Biasanya kerajinan anyaman bambu telah dibentuk menjadi aneka perabotan yang fungsional seperti tudung saji dan bahkan dapat dibuat tas. Kamu bisa mendapatkan kerajinan anyaman bambu di Kota Surabaya mulai dari harga 50 ribu rupiah.

7. Kerajinan Eceng Gondok dari bahan tumbuhan

Selain kerajinan anyaman bambu, kamu juga dapat menjadikan kerajinan eceng gondok sebagai pilihan buah tangan. Kerajinan eceng khas Surabaya menghasilkan produk cinderamata unik seperti tas dan sandal. Nuansa klasik akan tampak pada setiap kerajinan yang dihasilkan. Dengan harga mulai dari 100 ribu rupiah, kamu sudah bisa membawa pulang kerajinan ini.

8. Kerupuk Ikan Kenjeran

Bagi penyuka kripik dan kerupuk, camilan kerupuk ikan Kenjeran adalah oleh-oleh Surabaya yang wajib kamu beli. Sebenarnya tidak ada toko spesifik yang menjual kerupuk ikan Kenjeran ini, karena dijual oleh hampir seluruh warung yang berada di Jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran. Kamu pun bisa memilih berbagai kerupuk ikan di sana. Dari kerupuk ikan biasa, kerupuk cumi, kerupuk kerang, hingga kerupuk rumput laut dan kerupuk teripang. Jenis kerupuknya pun ada dua yaitu yang siap santap, ataupun kerupuk ikan yang masih mentah. Harganya tergolong terjangkau. Mulai dari Rp15.000 hingga Rp300.000 per kilogramnya.

9. Cakue Peneleh

Salah satu camilan dan oleh-oleh legendaris Surabaya adalah Cakue Peneleh. Cakue ini sudah ada sejak tahun 1988, tapi dulu jualannya di Jalan Peneleh. Sekarang Cakue Peneleh sudah menempati kios permanen di lantai 1 Pasar Atom Lama Tahap III. Lalu apa yang spesial dari cakue ini? Cakue Peneleh memiliki isian daging ayam dan udang di dalamnya. Rasanya? Luar bisa lezat! Cakue ini cocok menjadi oleh-oleh karena tersedia dalam kemasan frozen. Selain cakue, tersedia juga jajanan lainnya  seperti somay, ote-ote (sejenis bakwan) dan panganan lainnya.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Surabaya yang cocok buat kamu. Kamu bisa memberikan oleh-oleh khas Surabaya tadi untuk keluarga maupun sahabat atau menyimpannya sebagai koleksi pribadi. Jika pergi ke Surabaya, jangan lupa beli souvenir, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *